Login Form

Pangi Syarwi Chaniago

"Bersama Membangun Bangsa"

Pangi Syarwi Chaniago: Titik Balik Century

Putusan Mahkamah Agung yang mengabulkan peninjauan Kembali (PK) Muhammad Misbakhun membuat partai keadilan Sejahtera PKS percaya diri, dipercaya meningkatkan citra PKS yang selama ini tersudutkan (Jawa Pos, 29/07).

Pengajuan peninjauan kembali, yang diajukan oleh Misbakhun ke Mahkamah Agung (MA). Putusan PK tersebut menyebutkan Misbakhun diputus bebas atas perkara  dugaan pemalsuan  ‘letter of credit’ (L/C) fiktif Bank Century senilaiUS$ 22,5 juta. Putusan hakim yang memvonis Misbakhun dengan dakwaan alternatif Pasal 263 KUHP tentang membuat surat palsu tahun 2010, ada indikasi cenderung dipaksakan dari perdata didorong ke pidana tanpa bukti yang kuat, ketika ditanya dimana pidananya hakim juga tak bisa menjelaskan.

Read more:

Pangi Syarwi Chaniago: Negara Kalah, Mekanisme Pasar Menang

Pengamat: Pangi Syarwi Chaniago

Kenaikan sangat signifikan berdampak pada rakyat, khu­susnya mereka yang berpendapatan menengah ke bawah. Kenaikan ini akan menggerus daya beli rakyat yang sudah sangat rendah, pendapatan rumah tangga miskin semakin merosot, sedangkan harga kebutuhan pokok terus meroket. Biasanya kenaikan harga ini bersifat momentum, tetapi harga tak pernah kembali normal setelah momentumnya usai. Pemerintah hanya bisa memonitoring harga kebutuhan pokok tapi tak berdaya menstabilkan harga kebutuhan pokok. Mulai dari harga sembako (beras, daging, kedelai), tiket pesawat terbang dan kareta api, harganya naik 200 persen menjelang Ramadhan, adalah bukti negara telah dikalahkan oleh  sistem mekanisme pasar.

Read more:

Pangi Syarwi Chaniago: Marketing Politik Jokowi

Pengamat: Pangi Syarwi Chaniago

Kemenangan Jokowi-Ahok putaran pertama Pilkada DKI tak bisa terlepas dari marketing politik. Artinya, kemenangan Jokowi-Ahok adalah kemenangan marketing politik karenaberhasil membentuk pelbagai makna politis dalam pikiran para pemilih, menjadi oreantasi perilaku yang akan mengarahkan pemilih untuk memilih kontestan tertentu. Makna politis inilah yang menjadi output penting marketing politik, menentukan pihak mana yang akan di coblos para pemilih di bilik suara.

Rahasia kemenangan Jokowi-Ahok putaran pertama Pilkada DKI dapat dianalisis melalui marketing politik. Elemen dari marketing politik terdiri dari; person, policy, party dan pull marketing. Pertama, figur (person) atau ketokohan kandidat yang bertarung dalam Pilkada, kualitas (person) dapat dilihat dari dimensi kualitas instrumental, dimensi ’simbolis’ dan ”fenotipe optis”.

Read more:

You are here: Home Opini